Saturday, May 31, 2014

bagaimana instrumen kelompok anda itu setelah diaplikasikan di lapangan?

Nama : Aprillianti
Npm : D1D011025

1.      a. bagaimana instrumen kelompok anda itu setelah diaplikasikan di lapangan?
Jawab:
Setelah instrumen kelompok kami diaplikasikan dilapangan, pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan mendapat tanggapan positif dari responden. Tetapi ada beberapa pertanyaan yang tidak dimengerti oleh responden sehingga kami harus menggunakan bahasa yang lebih umum agar lebih dipahami. Kami menyadari ada beberapa pernyataan yang pengertiannya sama sehingga tidak kami tanyakan kembali.

b. pertanyaan mana saja yang menurut anda dapat mengukur?
Jawab:
·         Menurut anda apakah perselisihan sering terjadi saat perhitungan suara?
·         Setujukah anda bahwa politik uang adalah salah satu cara peserta pemilu untuk menarik pemilih?
·         Apakah keterbukaan data dan keuangan adalah indikator pertanggungjawaban penyelenggaraan pemilu?
·         Apakah anda memilih calon legislatif pada pemilu 9 Apil 2014 berdasarkan pada visi misi dan pemikirannya? Atau adakah hal-hal lain yang mempengaruhi anda ketika memilih caleg?
·         Apakah keluarga anda menentukan caleg mana yang harus anda pilih?
·         Setujukah anda dengan pernyataan bahwa caleg melakukan serangan fajar sebelum waktu pencoblosan?
·         Apakah masyarakat diperkenankan untuk mengetahui hasil pemungutan suara, baik dimedia lokal maupun nasional?
·         Apakah anda mengenal caleg yang menjadi peserta pemilu?
·         Setujukah anda dengan pernyataan bahwa hasil pemilu dikuasai partai-partai besar?

c. pertanyaan mana saja yang menurut anda tidak perlu ditanyakan?
Jawab:
·         Apakah benar sengketa pilkada muncul karena peraturan perundang-undangan yang masih belum lengkap dan tidak sesuai?
·         Setujukah anda jika setiap panitia penyelenggaraan pemilu harus dipilih atau diseleksi tingkat kesiapan dan tanggung jawabnya?
·         Apakah KPU harus memeriksa kembali hasil perolehan suara dari berbagai TPS setelah perhitungan suara selesai?
·         Apakah masyarakat harus mengamati hasil pemilu 2014?

d. data sekunder apa yang anda dapatkan dilapangan?
Jawab:
Data sekunder yang saya dapatkan dilapangan yaitu informasi tentang beberapa anggota keluarga mereka atau kerabat mereka yang tidak terdaftar sebagai DPT padahal sudah melengkapi persyaratan. Saya juga mendapatkan informasi tentang pemberian sejumlah uang dari caleg  yang  memberi patokan tertentu untuk pemilih pemula, untuk siswa SMA biasanya tidak lebih dari Rp 100.000,- atau untuk laki-laki diberikan jatah rokok dalam jumlah tertentu.

2.      a. reaksi seperti apa yang diberikan responden terhadap kedatangan anda?
Jawab:
Reaksi responden no 1:
Saat pertama kali ditanyakan apakah boleh melakukan wawancara, responden lebih dulu bertanya apa tema dari wawancara tersebut. Kemudian menolak, karena merasa tidak mengerti apa-apa tentang politik dan pemilu.
Reaksi responden no 2:
Lebih dulu bertanya asal kami darimana, lalu bertanya tentang apa tujuan kami melakukan wawancara.
Reaksi responden no 3:
Reaksi responden no 3 mirip dengan responden no 1. Tetapi lebih santai dan bersedia melakukan wawancara karena memang sedikit tertarik dengan ilmu politik.

b. apa yang mereka tanyakan balik kepada anda?
Jawab:
Tujuan melakukan wawancara dan istilah-istilah yang tidak mereka pahami seperti serangan fajar,parlemen, DPT, sengketa pilkada, indikator akuntabilitas, dan lain-lain.

c. menurut anda seperti apa pengetahuan responden anda itu tentang pemilu?
Jawab:
Responden saya yang merupakan pemilih pemula yang masih berstatus pelajar SMA dan mahasiswa/i tingkat awal tersebut masih banyak yang belum mengenali siapa yang harus mereka pilih. Mereka juga belum terlalu mengerti visi dan misi caleg seperti apa yang baik untuk dipilih. Banyak diantara mereka yang memilih caleg karena mendapat saran dari keluarga karena caleg tersebut merupakan kenalan atau kerabat dari keluarga mereka sendiri.

3.      a. apakah yang anda lakukan terhadap data yang sudah diperoleh?
Jawab:
Data yang saya rekam, kemudian saya tulis ulang garis besar nya agar bisa dikumpulkan dan dibuat menjadi laporan yang utuh bersama hasil wawncara kawan-kawan yang lain.

b. penyajian seperti apa yang anda persiapkan?
Jawab:
Penyajian yang saya persiapkan yaitu dengan penyajian data skor dalam bentuk tabel. Penyajian data skor hasil angket dalam penelitian merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempermudah peneliti dalam membuat analisis dan uji-uji selanjutnya. Skor hasil angket akan sangat mudah dipahami oleh pembaca jika disajikan dalam bentuk tabel.

c. kira-kira bisakah anda memaknai data yang sudah terkumpul itu?
Jawab:

Bisa, menurut saya data yang saya peroleh ini sudah maksimal. Data ini mewakili pemilih-pemilih pemula di tempat lain yang notabene nya memang belum terlalu mengerti politik dan memilih caleg karena ada hal-hal lain yang mempengaruhi nya, seperti saran dari anggota keluarga untuk memilih caleg tertentu, diberi uang, atau tertarik dengan fisik dari caleg tersebut.

0 komentar:

Post a Comment